Thursday 1 October 2009

Amal di Bulan Syawal

Amal di Bulan Syawal <<>>
Saat-saat yang paling sulit adalah setelah seseorang mencapai puncak performa. Bisakah ia bertahan dengan kebaikan-kebaikannya atau justru jatuh meluncur dan seketika sudah berada di titik terendah kehidupannya. Maka, seperti kata Anis Matta dalam buku Delapan Mata Air Kecemerlangan "Persoalan paling berat yang kita hadapi sesungguhnya bukanlah mendaki gunung, tetapi bagaimana bertahan di puncak gunung itu hingga akhir hayat."

Ini tidak hanya berlaku dalam keseluruhan akumulasi usia kita. Tetapi ia juga berlaku dalam setiap rentang masa tertentu. Siklus tahunan adalah salah satunya. Dan, kita sering tidak mampu mempertahankannya di sini.


Satu bulan yang lalu, sepanjang Ramadhan banyak orang yang tiba-tiba mengalami perbaikan signifikan. Ada peningkatan drastis dalam ibadahnya; secara kuantitas dan secara kualitas. Maka, kita dapati tiba-tiba kita bisa mengkhatamkan Al-Qur'an dua kali, qiyamullail setiap malam, dzikir, sampai perasaan taubat yang menggebu-gebu. Semua itu baik dan tidak ada yang salah dengannya. Tetapi yang menjadi persoalan adalah setelahnya.

Setelah kita mengkhatamkan Al-Qur'an dua kali, setelah qiyamullail rutin setiap malam, setelah dzikir begitu lama, setelah perasaan taubat menggetarkan jiwa, lalu kita tiba-tiba terjatuh, drop, turun seketika. Bahkan di awal-awal bulan syawal penurunan itu sudah terasa. Dan semakin jauh dari Idul Fitri kualitas ibadah juga semakin jauh dari "puncak performa".

Sesungguhnya, diantara tanda keberhasilan Ramadhan bagi seorang muslim adalah tatkala ia membawa kebaikan-kebaikan dan peningkatan ibadah di bulan mulia itu ke dalam bulan-bulan setelahnya. Inilah yang sering disebut "meramadhankan semua bulan". Bulan syawal yang artinya peningkatan seharusnya menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas itu. Setidaknya dipertahankan. Ini memang sulit. Bahkan sangat sulit. Tetapi jika kita ingin menjadi pribadi-pribadi yang senantiasa memperbaiki diri dan mendapatkan cinta Allah SWT, tidak ada pilihan lain. "Amal yang paling dicintai Allah adalah (amal) yang dikerjakan pelakunya secara rutin meskipun sedikit." (HR. Muslim)

Inilah persoalan kita. Bagaimana agar kita tetap mampu bertahan di "puncak". Tidak turun drastis, apalagi terjun bebas dan tenggelam dalam keburukan. Maka, berbahagialah mereka yang mampu bertahan dalam kebiasaan tilawahnya. Berbahagialah mereka yang mampu bertahan dalam dzikir dan tafakurnya. Berbahagialah mereka yang mampu bertahan dalam kebiasaan qiyamullail, shalat sunnah, dan sedekahnya. Berbahagialah mereka yang menyucikan jiwanya, "Qad aflaha man zakkaahaa". [Muchlisin]

http://muchlisin.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas Komentarnya